Jenis-Jenis Penyerangan pada Permainan Bola Basket

Share:
Assalamualaikum Wr. Wb.


        Penyerangan pada permainan bola basket memiliki berbagai macam variasi. Dengan semakin berkembangnya permainan bola basket, pelatih maupun pemain dituntut untuk menemukan dan mengembangkan cara terbaik dalam mencetak skor.
        Berikut ini admin sajikan beberapa jenis penyerangan pada permainan bola basket.



Selamat membaca...

Early Offense

        Early offense adalah jenis penyerangan yang dilakukan dengan cepat sebelum pemain bertahan sempat membuat formasi bertahan agar penyerang lebih mudah dalam mencetak skor.

Set Offense

        Set offense adalah jenis penyerangan yang telah diatur dengan baik dari awal hingga penyelesaian akhir. Pont Guard adalah pemain yang bertugas untuk memberi arahan kepada rekan satu timnya melalui isyarat tangan.

Motion Offense

        Motion offense adalah jenis penyerangan yang menitikberatkan pada pergerakan tanpa bola. Pada penyerangan ini, pemain harus memiliki kerja sama tim yang baik agar dapat menciptakan ruang tembak yang terbuka. Para pemain harus selalu bergerak untuk mendapatkan ruang tembak yang terbuka.

Zone Offense

        Zone offense merupakan penyerangan yang dilakukan dengan cara mengepung area bertahan lawan. Pada jenis penyerangan ini, sebuah tim penyerang harus bisa melakukan perpindahan bola (ball movement) dengan baik. Sebelum menerapkan zone offense, pemain harus mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan. Pemain juga harus terampil dalam melakukan tembakan tiga poin dan offense rebounding apabila tembakan gagal.

Spread Offense

        Spread offense biasanya diterapkan oleh tim yang sedang unggul di menit-menit menjelang pertandingan berakhir untuk menjaga jarak perolehan poin. Spread offense adalah jenis penyerangan dimana para penyerang menyebar dan mencari posisi masing-masing yang berjauhan. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat mengulur waktu dan membuat para pemain bertahan kewalahan dalam mengejar bola.

        Demikianlah artikel tentang jenis-jenis penyerangan pada permainan bola basket. Semoga bermanfaat. Apabila ingin bertanya silahkan isi di kolom komentar. Mohon maaf apabila terdapat kesalaham dalam penulisan.



Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar